Pesantren Elit Di Dandung

Pesantren Elit di Bandung– Pesantren merupakan lembaga sekaligus sistem pendidikan tertua di Indonesia. Dalam perkembangannya, tentu saja banyak hal baru yang dilakukan oleh pesantren. Saat ini misalnya, hampir semua pesantren mempunyai madrasah. Madrasah mempunyai pola pendidikan yang mirip dengan sekolah, karenanya perlu dilakukan upaya yang sistematik untuk mempertahankan, membangkitkan dan mengembangkan pesantren sebagai sistem pendidikan.

Maka untuk itu, pesantren bukan lagi tempat bagi orang-orang yang menuntut ilmu agama semata. melainkan juga bisa memberikan pendidikan-pendidikan umum seperti sekolah pada umumnya. Ditambah lagi dengan adanya pesantren dengan model boarding school yang cukup menyita perhatian masyarakat terhadap pesantren, maka peran pesantren kian terlihat nyata.

Dalam buku Pengembangan Pendidikan Kesetaraan di Pondok Pesantren dijelaskan, diantara beberapa skill penting yang harus dimiliki santri pondok pesantren, adalah:

1. Terampil

Keterampilan adalah konsekuensi logis santri yang karena beberapa hal tidak dapat mengikuti pendidikan jalur formal. Oleh karena itu perlu diberikan pendidikan kesetaraan yang lebih menekankan aspek keterampilan tanpa mengabaikan aspek intelektual, emosional dan spiritual.

2. Informal Leader

Lulusan pondok pesantren lebih diproyeksikan sebagai para pemimpin informal yang berkiprah di tengah-tengah masyarakat secara fleksibel dan luwes. Pemimpin informal adalah pemimpin yang mendedikasikan kemampuan dan keterampilannya kepada umat diluar jalur pemerintahan atau birokrasi. Seperti ulama, kiai, cendekiawan dan tokoh masyarakat.

3. Berorientasi Keahlian

Pendidikan pondok pesantren memberikan bekal kepada lulusannya keterampilan dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan memanfaatkan media dan keilmuan yang dimiliki. Kedua hal ini sangat berpengaruh untuk menumbuhkan lulusan, karena lulusan pesantren dituntut untuk menguasai spesialisasi tertentu sesuai karakter, bakat, potensi dan kompetensinya. Jika para santri lebih berbakat dibidang ilmu pengetahuan eksakta, maka ia didorong untuk menguasai matematika, fisika dan biologi.

4. inventif  (Berdaya cipta)

Yaitu suatu penemuan yang benar-benar baru yang artinya hasil kreatifitas manusia. Misalnya penemuan teori belajar, teori pendidikan, teknik pembuatan barang dari plastik, cara berpakaian dan sebagainya. Ide atau kreatifitas ini muncul berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman dari hal-hal yang sudah ada.

Di Era millenial, santri diharapkan akan menjadi generasi yang moderat dan toleran, aktif dan berani mengkampanyekan sekaligus mensosialisasikan doktrin Isalm yang toleran dan anti kekerasan di dunia maya. Karena santri merupakan barisan terdepan dalam mendakwahkan Islam yang teduh, bukan rusuh dan dapat menjadi promotor persatuan, perdamaian dan ketertiban.

Menghasilkan santri yang serbabisa, serbaguna dan multitalenta. Berpikir secara konstruktif, reflektif, aktif, efektif, dan inovatif. Dan diharapkan melahirkan santri yang berpandangan jauh ke depan dalam membangun masyarakat yang sesuai dengan nila-nilai Islam yang universal, seperti keadilan, kesejahteraan, membangun kebaikan dan meminimalisir hal-hal negatif.

Pesantren Al Ma’soem selain membekali para santrinya dengan ilmu agama juga diberikan materi penunjang seperti ketrampilan bahasa asing, tekhnologi komputer dan internet, bimbingan khusus untuk beberapa mata pelajaran sekolah juga ketrampilan profesi. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendidikan yang menunjang sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar. Diharapkan dari kampus al masoem akan melahirkan  generasi yang Cageur, Bageur, Pinter, Imtak dan Iptek.

Pesantren Al Ma’soem adalah pesantren elit, modern dan terbaik serta berkualitas juga biaya terjangkau di kota Bandung. Tetapi tetap menekankan pada nilai-nilai kesederhanaan, keikhlasan, kemandirian dan pengendalian diri. InsyaAllah akan melahirkan generasi yang berakhlakul karimah.

gedung-al-masoem
gedung-al-masoem

 

siswa-al-maseom
siswa-al-maseom

Yayasan Pendidikan Al Ma’soem

Jl.Raya Cipacing No.22

Jatinangor – Sumedang

Telp : ( 022 ) 7798204 – 7798243 – 7792448

email : info[at]masoem.com

website : http://almasoem.sch.id

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s